Jasa SEO murah dan profesional silakan hubungi 0812-1413-345 😊

Cara Membuat Website Sendiri untuk Pemula (Tanpa Coding)

Membuat website sendiri adalah hal yang sangat memungkinkan. Ada banyak tutorial yang bisa menjadi panduan. Apalagi cara membuat website sendiri cukup mudah. Meski bagi pemula sekalipun.

Selain ada banyak turtorial, penyedia domain dan hosting kini juga memberikan support yang baik jika terjadi eror pada website. Hal itu menjadikan membuat website sendiri semakin memungkinkan.


Kelebihan dari membuat website sendiri adalah bisa mengelola domain dan hosting secara bebas. Seperti misalnya membuat sub domain untuk percobaan dan memakai 1 hosting untuk banyak domain.


Baca juga: Panduan Memulai SEO Menurut Google untuk Pemilik Website


Bagi yang ingin membuat website sendiri, ada setidaknya 5 tahap yang perlu dilalui. Dari membeli domain, membeli hosting, install SSL, install wordpress, hingga memasang tema website itu sendiri.

1. Beli Domain

Domain untuk Membuat Website

Langkah pertama untuk membuat website sendiri adalah membeli domain. Secara sederhana, domain adalah nama website itu sendiri. Seperti misalnya waiki.id, mim.my.id, islami.co, dan sebagainya.

Ada banyak penyedia domain yang terpercaya. Salah satunya adalah Domainesia. Selain pelayanannya yang benar-benar baik dan bisa diandalkan, harga domain di Domainesia juga sedikit lebih murah.


Baca juga: Jasa SEO Website Murah Bulanan, Terbaik dan Profesional


Cara untuk membeli domain di Domainesia sendiri sangat mudah. Kunjungi saja https://www.domainesia.com/ lalu pilih domain. Setelah itu ketik nama domain pada kolom yang tersedia dan klik cari.

Jika domain tersedia, pilih daftarkan domain dan segera lakukan pembayaran. Dengan begitu domain telah resmi menjadi milik kita. Satu langkah untuk membuat website sendiri kini terpenuhi.


Dengan modal membuat website Rp 50 ribu, domain my.id adalah salah satu pilihan terbaiknya. Harga domain dengan ekstensi tersebut berkisar antara Rp 14 ribu hingga Rp 24 ribu di Domainesia.

Setelah membeli domain, langkah selanjutnya untuk membuat website sendiri adalah dengan membeli hosting. Sama seperti penyedia domain, ada banyak juga penyedia hosting yang terpercaya.

2. Beli Hosting

Hosting untuk Membuat Website

Agar semua orang dari seluruh dunia bisa mengakses website, sekalipun website yang dibuat sendiri, maka butuh yang namanya hosting. Salah satu penyedia hosting terbaik juga adalah Domainesia.

Hosting yang terbaik adalah hosting yang stabil, memiliki performa yang bagus (cepat), dan support yang baik serta solutif. Selama ini, hanya Domainesia yang memenuhi ketiga kriteria tersebut.

Selain itu, Domainesia juga menyediakan hosting dengan siklus pembayaran per bulan yang seharga Rp 22 ribu (termasuk pajak). Sangat cocok bagi yang ingin mencoba membuat website sendiri.


Cara membeli hosting di Domainesia juga sangat mudah. Akses langsung laman https://www.domainesia.com/ lalu pilih hosting. Setelah itu pilih hosting paket ekstra dengan pembayaran per bulan.

Pada halaman pesan hosting dan lokasi server, pilih server Jakarta jika pengunjung website hanya dari Indonesia. Pilih siklus pembayaran bulanan dan masukkan domain pada kolom nama domain.

Jangan ceklist pilihan instalasi otomatis. Cukup dengan memasukkan alamat email pada kolom email anda. Setelah itu klik masukkan troli dan lunasi tagihan yang telah pihak Domainesia berikan.

3. Install SSL

Install SSL

Sertifkat SSL atau SSL merupakan sistem keamanan yang bisa melindungi website dari serangan pihak tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, SSL merupakan komponen yang harus website miliki.

Untungnya, SSL kini tersedia secara gratis. Pihak penyedia hosting biasanya akan menyertakan sertifkat SSL secara cuma-cuma. Cara untuk meninstall SSL sendiri bisa dilakukan melalui cPanel atau Plesk.

Melalui cPanel, langkah pertama untuk melakukan instalasi sertifkat SSL adalah dengan login ke cPanel hosting. Setelah berhasil masuk ke cPanel, langkah selanjutnya adalah memilih lets encrypt.

Terakhir, setelah masuk ke halaman lets encrypt, klik Run AutoSSL. Tunggu beberapa menitt hingga proses instalasi selesai. Jika proses instalasi berhasil, akan ada keterangan AutoSLL Domain Validated.


Panduan atau cara tersebut adalah khusus untuk cPanel hosting dari Domainesia. Proses instalasi SSL bisa saja berbeda jika memakai penyedia hosting yang lain. Seperti RumahWeb misalnya.

Setelah proses instalasi SSL selesai, langkah membuat website sendiri yang selanjutnya adalah menginstall WordPress. WordPress merupakan salah satu CMS yang cukup terkenal saat ini.

4. Install WordPress

Install WordPress

WordPress memberikan kemudahan bagi siapa saja yang ingin membuat website sendiri. Selain gratis, dengan WordPress, membuat dan mengelola website menjadi lebih mudah dan aman.

Cara untuk melakukan instalasi WordPress juga bisa melalui cPanel. Caranya dengan login ke cPanel dan pilih Instant Deploy Apps atau bisa juga melalui Software. Setelah itu pilih WordPress.

Setelah masuk ke halaman WordPress dan klik install now. Pada halaman konfigurasi, masukkan domain pada kolom choose domain. Selain itu, jangan lupa, pilih https:// pada kolom protokol.

Pada bagian site setting, masukkan nama website dan deskripsi. Kemudian pada bagian admin account, masukkan username, password, dan email. Ingat username atau email dan password tersebut.

Username atau email dan password tersebut akan dipakai untuk login ke WordPress setelah proses instalasi selesai. Detail informasi terkait username dan link untuk login akan dikirim ke email.


Langkah berikutya adalah memilih bahasa dan plugin alternatif. Untuk bahasa bisa memilih Bahasa Indonesia. Sedangkan untuk plugin alternatif, jangan ceklist satu pun pilihan plugin yang tersedia.

Terakhir, masukkan email ke kolom email installation detail to (detail instalasi akan dikirim ke) dan klik install. Tunggu beberapa saat hingga muncul pemberitahuan bahwa proses instalasi selesai.

Setelah proses instalasi wordpress selesai, artinya website sudah jadi. Coba akses domain lengkap dengan protokolnya (https://) lewat browser (Google Chrome, Brave, dan sebagainya).

Tema bawaan website adalah twenty twenty two (di tahun 2022). Jika domain berhasil diakses, artinya website benar-benar sudah jadi dan bisa diakses oleh semua orang di mana dan kapan saja.

Agar tampilan website lebih menarik, tema bawaan website (twenty twenty two) bisa diganti dengan tema yang lain. Selain itu, bisa juga dengan menambahkan beberapa plugin seperti Classic Widgets.

5. Pasang Tema dan Plugin

Tambah Tema Website

Ada banyak tema dan plugin yang tersedia secara gratis. Seperti misalnya tema Blocksy dan plugin Elementor. Dengan tema dan plugin tersebut tampilan website bisa menjadi lebih menarik.

Selain tema Blocksy dan plugin Elementor, masih banyak tema dan plugin yang juga sama-sama menariknya. Salah satu pertimbangan pemilihan tema untuk website adalah responsif dan ringan.


Sedangkan untuk plugin, cukup pasang plugin yang benar-benar dibutuhkan. Hindari memasang plugin-plugin yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan karena justru akan menambah beban hosting.

 

Salah satu plugin yang dibutuhkan adalah plugin SEO. Seperti misalnya Yoast, Rank Math, atau All in One SEO. Plugin SEO berfungsi agar website yang dibuat bisa lebih mudah dikenali oleh Google.

Namun, sebelum itu, pastikan bahwa website sudah terdaftar di Google Search Console. Dengan terdaftar di Google Search Console, maka website secara resmi telah terdaftar dan terverifikasi oleh Google.


Baca juga: Apa Itu SEO & Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas


Sampai di sini, pembuatan website sendiri sudah selesai. Secara ringkas, tahapannya adalah 1) beli domain, 2) beli hosting, 3) install SSL, 4) install WordPress, 5) pasang tema dan plugin (alternatif).

Dengan harga domain misalnya Rp 24 ribu dan hosting Rp 22 ribu (hosting paket ekstra di Domainesia dan untuk jangka waktu satu bulan), maka total biaya membuat website sendiri adalah Rp 44 ribu.


Dengan kata lain, dengan modal Rp 50 ribu sudah cukup. Website sudah benar-benar jadi dan bisa diakes oleh siapa saja. Selain itu, pemilik website juga bebas mengganti tema dan menambahkan plugin.

Cara membuat website sendiri dengan 5 tahap di atas adalah cara yang sangat cukup efektif. Selain murah, juga tidak membuang banyak waktu. Tidak lebih dari 1×24 jam, website mungkin sudah jadi.