Jasa SEO murah dan profesional silakan hubungi 0812-1413-345 😊

Rekomendasi SSD Murah, Terbaik, Cepat, dan Bisa untuk Laptop

Ada 7 rekomendasi SSD laptop, SSD sata, SSD murah, dan SSD terbaik. Selain sudah teruji berkualitas, klaim garansi SSD juga mudah jika ternyata ada masalah atau rusak misalnya.

Hal yang harus diperhatikan ketika memilih SSD adalah pastikan socket SSD sesuai dengan socket yang ada di laptop atau komputer (PC). Baik itu socket sata, M.2 sata, dan M.2 NVMe.


SSD sendiri merupakan pilihan tepat untuk yang memiliki masalah pada loading laptop atau komputer (PC). Dengan SSD, loading laptop atau komputer (PC) akan menjadi lebih cepat.

Selain itu, siapa saja bisa beralih ke SSD jika storage laptop bermasalah. Baik SSD sata maupun NVMe. Singkat kata, berikut rekomendasi SSD laptop, SSD sata, SSD murah, dan SSD terbaik.

Rekomendasi SSD Laptop

Rekomendasi SSD laptop pertama adalah Samsung 870 EVO. SSD Samsung tersebut jika socket yang tersedia di laptop adalah sata. Jika tersedia socket M.2 NVMe, bisa SSD 970 EVO Plus.

Hingga saat ini, SSD Samsung merupakan SSD yang teruji berkualitas. Apalagi ditambah dengan cukup banyak review positif. Oleh karena itu, SSD Samsung sangat direkomendasikan.

Namun, SSD Samsung tentu bukan satu-satunya SSD yang bisa untuk laptop. Masih banyak SSD lain yang bisa untuk laptop, seperti V-Gen. Singkat kata, berikut rekomendasi SSD laptop.

  1. SSD Samsung.
  2. SSD V-Gen.
  3. SSD Kingston.
  4. SSD Lexar.
  5. SSD XPG.
  6. SSD Adata.
  7. SSD Colorful.

V-Gen menjadi pilihan tepat jika tidak ingin bermasalah saat terjadi kerusakan. Klaim garansi SSD V-Gen sangat mudah. Tinggal datang kantor V-Gen terdekat dan tukarkan SSD yang rusak.


Namun, dari segi kualitas dan beberapa uji coba, SSD V-Gen masih kalah dengan SSD Kingston. Hanya saja, harga SSD Kingston sedikit lebih mahal. Selisih harganya bisa mencapai 300 ribuan.

Harga SSD V-Gen Platinum berkapasitas 256GB misalnya, 439 ribu. Sementara untuk SSD Kingston KC600 256GB, harganya mencapai 795 ribu. Begitu juga untuk yang kapasitasnya 120GB.

Rekomendasi SSD Sata

Sata merupakan salah satu jenis socket SSD. Socket lain yang biasa dipakai SSD adalah M.2 sata dan M.2 NVMe. Oleh karena itu, ada cukup banyak SSD sata. Apalagi yang tersedia di marketplace.

Namun, tidak semua SSD direkomendasikan meski sama-sama memakai socket sata. Hanya ada beberapa SSD saja yang direkomendasikan. Singkat saja, berikut beberapa rekomendasi SSD sata.

  1. SSD Samsung.
  2. SSD V-Gen.
  3. SSD Kingston.
  4. SSD Lexar.
  5. SSD Colorful.
  6. SSD XPG.
  7. SSD Atata.
  8. SSD VenomRX.
  9. SSD PNY.
  10. SSD Elsa.
  11. SSD Ventuz.
  12. SSD Netac.

Semua SSD tersebut memakai socket sata. Bahkan ada juga yang memakai socket M.2 NVMe. Namun, tentu berbeda serinya. Seperti SSD Samsung misalnya, 870 untuk sata, 980 untuk M.2 NVMe.


Begitu juga untuk SSD V-Gen, Kingston, PNY, dan seterusnya. Selain terdapat seri yang menandakan bahwa SSD tersebut merupakan SSD sata, ada juga seri yang menandakan SSD M.2 NVMe.

Dari segi harga, SSD sata sedikit lebih murah ketimbang SSD NVMe. Meski kapasitasnya sama. SSD V-Gen sata 250GB dengan SSD NVMe dengan kapasitas sama, harganya mahal yang NVMe.

Rekomendasi SSD Murah

Selama ini, SSD dikenal sebagai jenis storage yang harganya mahal. Namun, belakangan ada juga beberapa SSD yang harganya murah. Berikut beberapa rekomendasi SSD murah.

  1. SSD VenomRX.
  2. SSD PNY.
  3. SSD Elsa.
  4. SSD Ventuz.
  5. SSD Netac.

SSD Netac dengan kapasitas 120GB harganya 210 ribu. Sementara SSD Ventus dengan kapasitas 128GB harganya 240 ribu. Sedangkan SSD PNY dengan kapasitas 120GB harganya 250 ribu.


Sementara untuk SSD VenomRX 256GB harganya 295 ribu. Selain tersedia dengan kapasitas 120GB, ada juga yang berkapasitas 240GB, 250GB, atau 256GB. Bahkan ada yang 480GB dan 512GB.

Meski harganya murah, SSD masih cukup berkualitas. Baik itu SSD VenomRX, SSD PNY, SSD ELsa, SSD Ventuz, hingga SSD Netac. Namun, kualitasnya tentu masih di bawah SSD Samsung.

Rekomendasi SSD Terbaik

Rekomendasi SSD terbaik kali mencakup SSD sata, SSD M.2 sata, dan SSD M.2 NVMe. Mengingat, ketiga jenis SSD tersebut merupakan SSD yang masih banyak dipakai sampai saat ini.

Baik itu untuk laptop atau komputer PC. Khusus untuk SSD M.2 laptop, biasanya dari segi ukuran berbeda dengan SSD M.2 PC. Tanpa berlama-lama lagi, berikut rekomendasi SSD terbaik.

SSD Sata Terbaik

SSD sata terbaik adalah SSD Samsung 970 atau bisa juga SSD Samsung 980. Hanya saja, harganya lumayan mahal. Untuk yang berkapasitas 256GB saja, harganya mencapai 800 ribuan.

Sudah sejak lama SSD Samsung dikenal sebagai SSD yang terbaik. Selain Samsung, yang juga terkenal sebagai SSD terbaik adalah SSD Corsair. Namun, harganya juga tidak kalah mahalnya.

SSD M.2 Sata Terbaik

Salah satu SSD M.2 sata terbaik adalah V-Gen. SSD M.2 sata V-Gen menjadi SSD terbaik karena klaim garansi yang mudah ketika ada masalah atau kerusakan. SSD langsung diganti baru.

SSD V-Gen adalah SSD sata terbaik dengan harga yang terjangkau. Jika ingin SSD Sata yang benar-benar terbaik tentu SSD Samsung adalah jawabannya. Tapi harus siap dengan harganya.

SSD M.2 NVMe Terbaik

SSD M.2 NVMe Samsung 980 Pro masih menjadi SSD M.2 NVMe terbaik saat ini. Pilihan lain ada SSD Corsair MP600. Namun, jangan berharap harga kedua SSD NVMe tersebut murah.


Selain itu, kedua SSD tersebut juga hanya tersedia dalam kapasitas yang cukup besar, yaitu 500GB atau 1TB. Jika ada yang kapasitasnya 256GB misalnya, kemungkinan stok sedikit.

Pilihan lain yang lumayan murah adalah SSD MSI. Seperti misalnya SSD MSI Spatium M450, Spatium M470, dan Spatium M480. SSD MSI Spatium M450 1TB harganya berkisar Rp 1,9 juta.

Akhir Kata

Sekedar sebagai catatan akhir, ada dua jenis SSD hingga saat ini, yaitu sata dan M.2. SSD sata merupakan SSD dengan socket sata dan biasanya berukuran tidak lebih dari 2,5 inci.

Sedangkan SSD M.2 merupakan SSD yang memakai PCIe sebagai socketnya. SSD M.2 sendiri ada dua jenis, yaitu M.2 sata dan M.2 NVMe. Dari segi kualitas, SSD M.2 NVMe lebih baik.


Agar SSD bisa dipakai, pilih SSD yang socketnya sama dengan socket yang ada di laptop. Jika di laptop hanya tersedia socket sata, maka pilih saja SSD sata. Jangan pilih SSD M.2.

Namun, ada juga SSD M.2 yang tergolong sata. SSD M.2 yang tergolong sata biasanya memakai socket M + B. Jika laptop mendukung socket tersebut, maka bisa juga memakai SSD M.2.


Baca juga: Rekomendasi Laptop 5 Jutaan Terbaik, Cocok untuk Mahasiswa


Selain itu, alangkah lebih baik jika memakai SSD yang kapasitasnya tidak terlalu besar. Jika butuh misalnya storage berkapasitas 500GB, maka bisa memakai dua SSD berkapasitas 250GB.

Dengan begitu, jika misalnya satu SSD rusak, masih ada SSD lain yang bisa dipakai. Lain halnya jika hanya satu SSD berkapasitas 500GB. Jika rusak, maka tidak ada SSD yang bisa dipakai lagi.

Akhir kata, hanya sebagai pengingat, rekomendasi SSD laptop, SSD sata, SSD murah, dan SSD terbaik adalah SSD Samsung, SSD V-Gen, SSD Kingston, SSD PNY, dan SSD VenomRX.